Petualangan Dinosaurus

Ajaklah putra-putri Anda menjelajah negeri dinosaurus yang menakjubkan. Wahana ini akan membawa Anda berpetualang mengenal dan seakan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis dinosaurus yang pernah ada.

Seluruh dinosaurus yang ditampilkan di wahana ini mempunyai ukuran yang sebenarnya, lengkap dengan berbagai tumbuh-tumbuhannya seakan membawa Anda benar-benar kembali ke jaman prasejarah.

Putra-putri Anda juga bisa berpetualang sebagai ahli paleontologi menggali tulang-tulang dinosaurus.

Ankylosaurus

AnkylosaurusDinosaurus yang juga disebut kadal yang kaku ini hidup di Kanada dan Amerika Utara. Seluruh tubuhnya dilindungi dengan cangkang yang keras dan duri tajam yang membuatnya tak mudah di serang oleh musuh, bahkan oleh T-Rex.

Mempunyai ekor yang sangat unik dengan bagian tubuh berbentuk seperti bola yang berat, Ankylosaurus akan menggunakan ekornya untuk mengalahkan lawan-lawannya. Pasti dinosaurus yang lain tidak berani macam-macam dengan Ankylosaurus ini ya!

Brachiosaurus

BrachiosaurusSiapa yang tak kenal dinosaurus yang satu ini? Ia sering muncul di berbagai film box office Hollywood, seperti Jurassic Park yang sangat terkenal. Pemakan tumbuhan yang jinak ini hidup di Amerika Utara, Afrika dan Eropa sekitar 156 juta tahun yang lalu.

Si jangkung yang tubuhnya bisa mencapai tinggi hingga 16 meter ini mempunyai selera makan yang besar. Ia bisa makan hingga 400 kilogram tumbuhan setiap harinya. Dan uniknya, ia juga biasa menelan batu-batu untuk membantunya mencerna makanan yang sangat banyak itu

Carnotaurus

CarnotaurusDengan tinggi 2,2 meter dan panjang 7,5 meter dinosaurus satu ini memang lebih kecil dibandingan dengan dino-dino lainnya, karena itu ia hanya bisa menyerang dan memangsa dinosaurus yang berukuran kecil pula.

Makhluk yang hidup di Amerika Selatan ini biasa menyeruduk dengan mocongnya kemudian melukai otot lawannya. Karena itu ia sering disebut juga banteng pemakan daging.

Dilophosaurus

Dilopho2Predator berkaki dua ini adalah pelari cepat yang hebat. Dinosaurus yang hidup di Amerika Utara dan Cina sekitar 200 juta tahun yang lalu ini mempunyai tinggi 1,5 meter dan panjang 6 meter.

Ia juga mempunyai sepasang jambul di kepalanya yang digunakan untuk menarik lawan jenis ataupun mengelabui lawannya. Karena itulah Dilophosaurus sering juga disebut Kadal Berjambul Ganda.

Pachycephalosaurus

PachycepPemakan tumbuhan ini hidup di Amerika Utara, Kanada, Mongolia dan Madagascar, sekitar 75 juta tahun yang lalu. Tak heran Pachycephalosaurus disebut pula Kadal Berkepala Tebal.

Dino yang satu ini memang memiliki tempurung tengkorak yang tebalnya dapat mencapai 25 centimeter, dan sekelilingnya dihiasi duri-duri bagai mahkota di kepalanya. Kepala dan duri-duri itulah yang digunakannya sebagai senjata, dengan cara membenturkannya ke tubuh lawan-lawannya. Benar-benar mahkota yang sangat berguna ya!

Parasaulorophus

ParasauDinosaurus satu ini mempunyai jambul indah dan berwarna cerah yang digunakannya untuk menarik lawan jenis. Jambul tersebut juga dapat mengeluarkan suara berfrekuensi rendah yang berfungsi sebagai alat komunikasi.

Dino pemakan tumbuhan yang hidup di Amerika Barat, Utara dan juga wilayah Kanada sekitar 76 juta tahun yang lalu ini sering disebut juga Kadal Berjambul.

Pterosaur

PterosaurInilah kerabat dekat dinosaurus yang bisa hidup di semua daerah dan lingkungan. Karena itulah kadal terbang ini bisa ditemukan di seluruh dunia.

Pemakan daging ini mempunyai sayap yang sangat lebar (mencapai 12 meter!) karena itulah ia dapat terbang dengan sangat baik dan lincah di semua kondisi. Tetapi uniknya, ketika di darat hewan ini hanya bisa merangkak seperti

Spinosaurus

SpinosaurusHidup pada jaman Cretaceus di Afrika Utara, Mesir dan Moroko, pemakan daging ini adalah predator terbesar yang pernah ada. Dengan tinggi yang dapat mencapai 18 meter dan berat hingga 20 ton, tak heran dinosaurus ini mendapatkan predikat tersebut.

Ia juga mempunyai tulang belakang yang tinggi dan lapisan kulit yang tebal dan dilengkapi pula dengan pembuluh darah yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, yang dibutuhkannya karena tempat hidupnya di sekitar katulistiwa yang bersuhu hangat.

Tyranosaurus Rex

Tyranosaurus RexIni dia dinosaurus yang paling terkenal di dunia. Siapa yang tak kenal predator ganas yang sering dipanggil T-Rex ini? Dinosaurus yang juga sering muncul di film-film Hollywood ini mempunyai gigi-gigi yang besar dan tajam, cakar yang kuat dan penciuman yang tajam, tak heran T-Rex sangat ditakuti oleh dinosaurus lainnya.

Hidup di Amerika Barat Utara dan Mongolia, predator ganas ini dapat berlari sangat kencang dengan jarak kaki 4,5 meter setiap langkahnya. Patutlah dinosaurus ini disegani semua hewan purba pada masa itu.

Triceratops

TriceratopsDinosaurus ini hidup di Kanada Barat, Amerika Utara dan Barat sekitar 72 juta tahun yang lalu. Pemakan tumbuhan ini mempunyai gigi yang amat banyak dan selalu berganti sepanjang hidupnya, ia juga dilengkapi dengan tiga buah tanduk di kepalanya sebagai senjata untuk melindungi diri dari lawannya.

T-Rex adalah predator yang paling ditakuti hewan purba ini. Karena itulah mereka selalu hidup dan berlindung secara berkelompok seperti badak, untuk saling melindungi dari serangan predator ganas.

Velociraptor

VelociraptorSeperti T-Rex, Velociraptor juga dikenal karena sering muncul dalam film-film box office. Dinosaurus yang satu ini terkenal kejam dan juga sangat cerdas. Predator ini mempunyai cakar yang sangat tajam dan kuat di setiap kakinya.

Penglihatannya pun sangat tajam, yang memudahkannya untuk berburu mangsa. Ia juga sangat gesit, lincah dan biasanya berburu dengan kelompoknya. Tak heran hewan purba yang hidup di Mongolia, Rusia dan Cina ini sangat disegani oleh lawan-lawannya.

Situs Pengalian Fosil Dinosaurus

Sand-Pit

Adik adik, mau belajar jadi ahli paleontologi?

Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari sejarah kehidupan di bumi termasuk hewan dan tumbuhan zaman lampau yang telah menjadi fosil.

Mari belajar menggali dan menemukan tulang tulang dinosaurus di situs penggalian purbakala.

Tanaman Langka di Petualangan Dinosaurus

Maja

Konon, Raden Wijaya, sang pendiri kerajaan Majapahit, menerima sebidang tanah di daerah Tarik. Sewaktu membangun daerah itu,
ada pekerjanya yang memakan buah maja. Kebetulan yang dimakan adalah buah yang berasa pahit, karena itu daerah tersebut kemudian dinamakan “Majapahit”

Tanaman di Petualangan Dinosaurus

Bromelia-Merah
Fountain-Grass
Nolina
Pandan-Laut
Wali-Songo
Daisy-Kuning
Jati-Kanopi
Pacing-Hutan
Pilo-Dendrum
Dracena
Lengkuas Hutan
Pakis-Monyet
Tanduk-Rusa